Isi Artikel Utama

Abstrak

Jumlah SDM Kesehatan pada unit kerja rekam medis di RSUD Seogaten Kota Madiun sebanyak 28 Petugas.Sesuai studi awal penelitian didapatkan informasi dari petugas rekam medis bahwa terkadang ada petugas yang bekerja merangkap, tidak disatu unit pelayanan rekam medis.Akibatnya terdapat petugas rekam medis yang melebihi beban kerja.Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) rekam medis berdasarkan metode WISN di RSUD Kota Madiun.


Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala rekam medis dan 2 SDM Kesehatan yang bekerja di unit rekam medis  RSUD Kota Madiun.


Hasil penelitian berdasarkan perhitungan kebutuhan SDM dengan menggunakan metode WISN, jumlah kebutuhan tenaga rekam medis di RSUD Kota Madiun sudah sesuai dengan kebutuhan yaitu sebanyak 28 petugas.Namun, penempatan SDM Kesehatan di unit rekam medis belum sesuai perhitungan WISN. Maka perlu dilakukan penempatan yang sesuai dengan perhitungan WISN dengan cara memindahkan Petugas Rekam Medis ke bagian yang mempunyai beban kerja yang berlebih .

Kata Kunci

SDM Kesehatan Metode WISN Unit Kerja Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Rincian Artikel