Semua naskah yang dikirimkan untuk publikasi harus memenuhi ketentuan berikut:

SUBMIT ARTIKEL

  1. Untuk submit artikel, silahkan menuju ke halaman Jurnal Hesti Wira Sakti
  2. Jika belum memiliki akun dan kata sandi, silahkan membuat terlebih dahulu kemudian bisa masuk menggunakan akun dan kata sandi yang telah dibuat.
  3. Naskah yang dikirim akan menjalani pemeriksaan editorial  untuk plagiarisme dan format penulisan
  4. Naskah tidak akan dilanjutkan ke reviewer jika tidak lolos pemeriksaan awal.
  5. Artikel harus menyertakan sertifikat/surat keterangan lulus uji etik baik untuk penelitian invasive ataupun tidak
  1. Naskah tidak akan diproses apabila tidak mengikuti gaya selingkung jurnal dan petunjuk penulisan.

PERSIAPAN MANUSKRIP

Download Template Manuskrip Jurnal Hesti Wira Sakti.docx


BAHASA

Seluruh artikel yang disubmit boleh menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tim Editor tidak menyediakan jasa proofreading untuk Bahasa Inggris, sehingga hal tersebut menjadi tanggung jawab penulis. Apabila tata Bahasa terlalu buruk dan tidak memenuhi standar, maka tim editor tidak akan memproses.


ORGANISASI DOKUMEN

Pastikan seluruh dokumen dibawah ini sudah siap untuk di upload secara bersamaan

  1. Manuskrip
  2. Tittle page
  3. Copyright Assignment Form(di tanda tangani seluruh author)
  4. Form conflict of interest
  5. Ethical clearance (bagi penelitian dengan tindakan invasive)
  6. Surat ijin penelitian (bagi penelitian dengan tindakan non invasive)
  7. Abstrak dan kata kunci
  8. Teks (pengantar, metode, hasil, diskusi, kesimpulan)
  1. Ucapan terimakasih
  2. Referensi

 

KETENTUAN

Naskah artikel disusun berdasarkan pedoman berikut:

  1. Judul

Judul artikel harus mewakili isi artikel yang disusun secara ringkas, padat dan tegas. Judul artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, menggunakan huruf kapital, font Times New Roman ukuran 12, tengah dan tebal.

  1. Nama penulis

Nama penulis ditulis dengan judul tanpa gelar akademis atau jabatan.

  1. Alamat Korespondensi

Suatu bentuk agensi tempat penulis bekerja dilengkapi dengan alamat email.

  1. Abstrak

Sebuah abstrak harus dalam satu paragraf tunggal tidak melebihi 200 kata (Bahasa Indonesia), diketik dengan Times New Roman, 11 pt, spasi tunggal, dan dicetak miring dan harus mencakup Latar Belakang: jelaskan secara singkat pengantar penelitian, Tujuan: jelaskan tujuan dari studi, Metode: Menjelaskan serangkaian metode yang digunakan dalam penelitian, Hasil: Hasil penelitian singkat, Kesimpulan: Kesimpulan penelitian. Hindari singkatan dan referensi secara abstrak. Kata kunci : 3-5 kata.

  1. Pendahuluan

Bagian pertama yang memberikan latar belakang dan tujuan penelitian, diikuti oleh hasil penelitian sebelumnya yang mendukung masalah tersebut. Data yang merujuk pada referensi spesifik ditulis menggunakan format mendeley atau zotero elsevier Harvard dengan judul, mis: (Bush et al., 1997). Jenis font yang digunakan Times New Roman, 12 pt, 1,5 spasi.

  1. Metode penelitian

Metode penelitian terdiri dari Desain Penelitian, Sasaran Penelitian (Populasi dan Sampel), Teknik Pengumpulan Data dan Pengembangan Instrumen, dan Teknik Analisis Data.

  1. Hasil penelitian

Ilustrasi hasil penelitian dapat berupa grafik, tabel, atau gambar. Hasil yang disajikan adalah temuan yang bermakna dan relevan dengan tujuan penelitian.

  1. Tabel
  2. Beri nomor tabel secara berurutan dalam angka arab (Tabel 1, Tabel 2, Tabel 3 dst) dalam urutan dari kutipan pertama dalam teks
  3. Berikan judul yang jelas dan informatif dalam setiap tabel
  4. Judul tabel menggunakan huruf times new roman ukuran 10 pt dan tebal
  5. Isi tabel menggunakan huruf times new roman ukuran 10 pt dengan spasi tunggal
  6. Tabel tidak menggunakan garis vertikal.
  7. Deskripsi tabel ditempatkan di bawah tabel.
  8. Jika tabel berasal dari publikasi lain, maka wajib mencantumkan sumbernya.
  9. Gambar atau Grafik
  10. Beri nomor gambar atau grafik secara berurutan dalam angka arab (Gambar 1, Gambar 2, Gambar 3 dst) dalam urutan dari kutipan pertama dalam teks
  11. Format gambar dapat berupa JPEG/TIFF dengan minimum resolusi 300 DPI dan dimensi 1.000 x 1.000 pixels. Gambar berwarna dengan format CMYK ataupun RGB.
  12. Huruf, angka dan simbol harus jelas dan merata, dan dengan ukuran yang cukup bahwa ketika ukurannya dikurangi untuk publikasi, setiap item akan tetap dapat diidentifikasi dengan jelas.
  13. Jika gambar berasal dari publikasi lain, maka wajib mencantumkan sumbernya
  14. Singkatan dan Simbol
  15. Istilah lengkap dan singkatan pada penulisan pertama harus jelas kemudian diikuti tanda kurung, seperti Alat Pelindung Diri (APD). Maka selanjutnya cukup menggunakan APD.
  16. Singkatan yang digunakan harus yang berdasarkan standar internasional
  17. Berat, volume dll harus ditulis dengan metrik standar
  18. Diskusi

Diskusi menyarankan relevansi atau kompatibilitas antara hasil penelitian dengan teori dan perbandingan hasil terbaru dengan hasil yang dipublikasikan lainnya. Diskusi juga menjelaskan implikasi temuan untuk sains dan pemanfaatannya.

  1. Ucapan Terima Kasih

Kontribusi yang dapat diterima termasuk dukungan umum oleh institusi/lembaga/kepala baik berupa bantuan teknis, dan dukungan finansial dan / atau material (termasuk hibah). Sebutkan konflik kepentingan, jika ada.

  1. Kesimpulan

Kesimpulannya harus dalam bentuk kalimat lengkap yang berisi temuan yang dapat diperbarui untuk menjawab masalah penelitian.

  1. Saran

Saran tersebut memberikan rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut.

  1. Kutipan

Kutipan menggunakan teknik penomoran. Setiap kutipan diberi nomor dan disesuaikan untuk muncul dalam artikel.

  1. Referensi

Semua referensi (3-5 tahun terakhir) yang disebutkan dalam Daftar Referensi dikutip dalam skrip artikel. Bahan rujukan terdiri dari 60% perpustakaan utama (jurnal ilmiah) dan 40% dari literatur lainnya. Semua perpustakaan diatur dalam urutan nomor seri, sedangkan referensi disusun berdasarkan abjad.

Format umum penulisan referensi:

Rujukan ditulis menggunakan Mendeley, Zotero, atau format aplikasi serupa Elsevier Harvard dengan judul.

Contoh penulisan referensi

Bush, A.O., Lafferty, K.D., Lotz, J.M., Shostak, A.W., 1997. Parasitologi bertemu ekologi dengan istilahnya sendiri: Margolis et al. ditinjau kembali. J. Parasitol. 575–583.

Baudrillard, J. 1970. La Société de Consommation. Universitas Nottingham Trent. Nottingham. Terjemahan J.P. Mayer dan B.S. Tukang bubut. 1998. Masyarakat Konsumen: Mitos dan Struktur. Sage Publication Inc. London

Dewi, A. R. 2003. Koefisien Konservasi Laporan Keuangan Terhadap Earnings Response Coeficient. Simpidingum Nasional Akuntansi VI Surabaya. Universitas Airlangga: 119-159.

Himman, L.M. 2002. Perubahan Moral: Etika Bisnis Setelah Enron. Publikasi Universitas San Diego. http: ethics.sandi SUBSedu/LMH/oped/Enron/index.asp. 27 Januari 2008.

Kalana, I., S. Ngumar, dan I.B. Riharjo. 2012. Auditor Independensi Berbasis Kultur dan Filsafat Herbert Blumer. Simposium Nasional Akuntansi XV Banjarmasin. 20-23 September.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2011. Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta

Merna, T. dan F. F. Al-Thani. 2008. Manajemen Risiko Perusahaan. 2nd ed. John Welly and Sons Ltd. Inggris.

Natsir, M. 2008. Studi Efektivitas Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter di Indonesia Melalui Jalur Suku Bunga, Jalur Nilai Tukar, dan Jalur Ekspektasi Inflasi Periode 1990: 2-2007: 1. Disertasi. Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga. Surabaya.

Riduwan, A. 2010. Etika dan Perilaku Koruptif dalam Praktik Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia 14 (2).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.


PLAGIARISME

  1. Harap diperhatikan bahwa seluruh artikel yang submit di Jurnal Hesti Wira Sakti akan dilakukan cek plagiarisme.
  2. Penulis harus melakukan paraphrase dengan kata-kata sendiri untuk menghindari plagiarism
  3. Dalam kasus di mana kutipan tertentu akan kehilangan makna dan esensi aslinya jika parafrase mencoba, Jurnal mengharuskan penulis untuk menyertakan kutipan dalam tanda kutip ("") untuk menunjukkan bahwa itu adalah kutipan langsung dari sumber. Tapi tidak boleh berlebihan.
  4. Jurnal Hesti Wira Sakti memberikan toleransi maksimal 10%

Download Author Guideline.docx