PEMAKAIAN PRODUK FEMININE DAILY CARE PADA REMAJA WANITA DI DUSUN SONGSONG DESA ARDIMULYO KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Meilinda Dwi Trisutanti

Abstrak

Feminine Daily Care adalah produk kebersihan untuk organ kewanitaan yang umumnya wanita menggunakan untuk pembersih vagina saat keluar lendir yang berlebihan atau keluar bau dari vagina. Dalam hal ini pemakaian produk feminine daily care  yang digunakan dikalangan remaja adalah pantyliner, pembalut herbal, daun sirih, sabun pembersih kewanitaan. Penggunaan feminine daily care ini tidak direkomendasikan untuk dipakai setiap hari. Hal ini dikarenakan adanya flora normal yang terdapat di dalam alat kelamin wanita (Ryani, 2018). Perilaku pemakaian produk feminine daily care yang berlebih bisa mengakibatkan infeksi yang bahaya untuk organ reproduksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku remaja dalam pemakaian produk feminine daily care di Dusun Songsong Desa Ardimulyo.


          Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah remaja di Dusun Songsong Desa Ardimulyo dengan jumlah 270 remaja. Sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling sebagian remaja wanita di Dusun Songsong Desa Ardimulyo yang sesuai kriteria inklusi dan eksklusi sejumlah 65 remaja wanita pada bulan Januari 2021. Variabel yang diukur adalah perilaku remaja dalam pemakaian produk feminine daily care Data penelitian ini diambil menggunakan kuisioner melalui google form. Analisa data menggunakan analisis univariat.


          Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar remaja memiliki perilaku dalam pemakain produk feminine daily care sebagian kecil dengan kategori baik yaitu 9 orang (14%), hampir setengahnya dengan cukup 23 orang (35%), sebagian besar kategori kurang 33 orang (51%). Hasil tersebut dimungkinkan karena dipengaruhi lima faktor yaitu, usia, usia menarche, pendidikan, pemahaman informasi yang didapat dan sumber informasi.


          Berdasarkan hasil penelitian diharapkan remaja lebih memahami informasi tentang dampak penggunaan produk feminine daily care, agar terciptanya perilaku yang baik.


 


 


Kata Kunci: Perilaku, Remaja, Pemakaian Produk Feminine Daily Care


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Cara Mengutip
Dwi Trisutanti, M. (2021). PEMAKAIAN PRODUK FEMININE DAILY CARE PADA REMAJA WANITA DI DUSUN SONGSONG DESA ARDIMULYO KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 8(1). Diambil dari https://jurnal.poltekkes-soepraoen.ac.id/index.php/HWS/article/view/293