LAYANAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SD NEGERI PAGENTAN 5 SINGOSARI KABUPATEN MALANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rachma Putri Kasimbara

Abstrak

Pendahuluan Dalam penyerapan pelajaran dengan nyaman, baik, produktif dan dewasa harus diiringi oleh penciptaan kualitas perbaikan kesehatan dan gizi peserta didik. Salah satu faktor yang bisa menciptakannya adalah kesehatan para peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana aturan kerja Usaha Kesehatan Sekolah di SD N PAGENTAN 5 Singosari Kabupaten Malang. (2) Bagaimana keterlibatan anggota sekolah dalam pelayanan usaha kesehatan sekolah di SD N PAGENTAN 5 Singosari. (3) Bagaimana koordinasi dan kerja sama yang dilakukan sekolah dalam usaha kesehatan sekolah di SD N PAGENTAN 5 Singosari. Penelitian ini dilaksanakan di SD N PAGENTAN 5 Singosari. Metode Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif berlandaskan pada kejadian natural atau alami.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pola kerja usaha kesehatan sekolah di SD N PAGENTAN 5 Singosari (a) Kegiatan sehari-hari di usaha kesehatan sekolah telah dilakukan sesuai dengan acuan (b) Murid dan guru juga dijadwal untuk menjaga UKS (c) Prosedur penggunaan UKS (d) Pengembangan program. (2) Partisipasi warga sekolah dalam pelayanan UKS di SD N PAGENTAN 5 Singosari, warga sekolah sangat aktif mengikuti kegiatan UKS. (3) Koordinasi dan kerjasama dilakukan pihak Sekolah dalam pelayanan UKS di SD N PAGENTAN 5 Singosari meliputi: (a) Puskesmas (b) PMI (c) BNN (d) Dinas Kesehatan (e) Dinas Pertanian (f) Kantin Binaan. Kesimpulan Aturan kerja Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SD N PAGENTAN 5 Singosari berjalan sesuai visi, misi, dan tujuan UKS. Usaha Kesehatan Sekolah SD N PAGENTAN 5 Singosari meliputi: jadwal piket, program UKS, tata cara pelayanan dan tata tertib, standart operasional pelaksanaan. Dengan adanya aturan kerja tersebut, petugas UKS dan Kepala Sekolah yakin bahwa pelayanan usaha kesehatan sekolah akan berkembang dan maju. Keikutsertaan warga sekolah antusias terhadap pelayanan yang dilaksanakan oleh petugas usaha kesehatan sekolah seperti jumat sehat, donor darah, sosialisasi kesehatan. Usaha Kesehatan Sekolah SD N PAGENTAN 5 Singosari menjalin hubungan kerjasama dan kordinasi dengan beberapa pihak atau instansi dari luar diantaranya: (a) Puskesmas Singosari. (b) Palang Merah Indonesia (PMI). (c) Badan Narkotika Nasional tingkat Kabupaten. (d) Dinas Pertanian untuk masalah taman boga. (e) Dinas Kesehatan. Jalinan hubungan kerjasama yang cukup lama dan baik menjadikan UKS SD N PAGENTAN 5 Singosari dipercaya oleh beberapa instansi luar untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan disetiap tahun.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Biografi Penulis

Rachma Putri Kasimbara, Poltekkes RS dr. Soepraoen

Dosen Bahasa Inggris
Cara Mengutip
Kasimbara, R. P. (2020). LAYANAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SD NEGERI PAGENTAN 5 SINGOSARI KABUPATEN MALANG. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 7(2), 29-43. Diambil dari https://jurnal.poltekkes-soepraoen.ac.id/index.php/HWS/article/view/262

Referensi

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Ahmadi, Rulam. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  3. Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
  4. Emzir.(2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada
  5. Kementerian pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal pendidikan dasar. 2012. Pedoman Pembinaan Dan Pengembangan Usaha KesehatanSekolah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
  6. Keputusan Menteri Kesehatan RI. 2006. Pedoman Penyelenggaraan KesehatanLingkungan Sekolah. Jakarta: Menteri Kesehatan
  7. Kusmintardjo. 1993. Pengelolaan Layanan Khusus di Sekolah (Jilid 2). Malang: P&K
  8. Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  9. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 23 Tahun 1992 Pasal 45 tentang Kesehatan
  10. Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan kualitatif dan kuantitatif. Surabaya: UNESA Univercity Press.
  11. Rosso, Joy Miller Del dan Arlianti, Rina. 2009. Investasi untuk Kesehatan dan Gizi Sekolah di Indonesia. Jakarta: BEC-TF
  12. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Pendekatan Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  13. Surat Keputusan Bersama 4 Kementrian (SKB Mendikanas, Menag, Menkes, Mendagri) No 26 Tahun 2003 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah
  14. Suryabrata Sumadi. 1990. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali
  15. Sutisna, O. 1983.Adminitrasi Pendidikan: Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa Bandung
  16. Undang – Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional