STUDI LAMA PELEPASAN TALI PUSAT BAYI ANTARA UMBILICAL CORD CLAMP DAN BENANG KATUN STERIL (Di PMB Restu Ibu Dan Polindes Barokah Jatirogo Kabupaten Tuban)

Main Article Content

umu qonitun

Abstract

Salah satu indikator penyebab Kematian bayi adalah infeksi neonatal. Infeksi neonatal mencakup semua peradangan yang disebabkan oleh masuknya kuman. Terkait pada tali pusat, tali pusat bisa menjadi jalan masuk untuk terjadinya suatu keadaan proses infeksi, penggunaan alat pengikat tali pusat ini juga dapat mempengaruhi lepasnya tali pusat. Bidan PMB Restu Ibu merupakan salah satu bidan yang menggunakan Umbilical Cord Clamp sebagai alat pengikat tali pusat sedangkan Bidan di Polindes Barokah menggunakan benang katun steril sebagai alat pengikat tali pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan pengikatan tali pusat antara Umbilical Cord Clamp dan benang katun steril terhadap lama pelepasan tali pusat pada bayi di PMB Restu Ibu dan Polindes Barokah Jatirogo Kabupaten Tuban.
Penelitian ini menggunakan desain analitik dengan penggunakan pendekatan Retrospektif. Populasi penelitian seluruh bayi usia 1-12 bulan di PMB Restu Ibu dan Polindes Barokah Kabupaten Tuban bulan Juli-Agustus sebanyak 72 bayi. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 60 bayi. Cara pengumpulan data menggunakan wawancara kemudian data diolah dengan menggunakan Uji Spearman , variabel dalam penelitian ini adalah alat pengikat tali pusat dan lama pelepasan tali pusat.
Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar lama pelepasan tali pusat yang diikat dengan Umbilical Cord Clamp dalam kategori normal sebanyak 21 bayi (70%). Sebagian besar lama pelepasan tali pusat yang diikat dengan benang katun steril dalam kategori normal sebanyak 16 bayi (53,3%). Walaupun sama dalam kategori normal namun terdapat perbedaan dalam rata-rata didapatkan rata-rata pada bayi yang menggunakan benangkatun steril lama lepasnya tali pusat 5,3 hari sedangkan bayi yang menggunakan Umbilical Cord Clamp rata-rata lama pelepasan tali pusat 6,9 hari.
Berdasarkan hasil penelitian Sehingga dapat disimpulkan bahwa bayi yang menggunakan benang katun steril lebih cepat dari pada yang menggunakan Umbilical Cord Clamp. maka disarankan untuk para petugas kesehatan diharapkan menggunakan benang katun steril sebagai alat pengikat tali pusat.

Article Details

Author Biography

umu qonitun, STIKES Nahdlatul Ulama Tuban

Dosen Tetap
How to Cite
qonitun, umu. (2018). STUDI LAMA PELEPASAN TALI PUSAT BAYI ANTARA UMBILICAL CORD CLAMP DAN BENANG KATUN STERIL (Di PMB Restu Ibu Dan Polindes Barokah Jatirogo Kabupaten Tuban). Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 6(1), 1-12. Retrieved from https://jurnal.poltekkes-soepraoen.ac.id/index.php/HWS/article/view/227

References

  1. Arikunto, S. (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Rineka Cipta
  2. Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Rineka Cipta
  3. Depkes RI (2008) Gangguan dan Keperawatan Tali Pusat (http://digilib.unimus.ac.id/files/disk1/163/jtptunimus-gdl-sugitonimg-8102-2-babii.pdf) diakses 2 juni 2017
  4. Hidayat, A. Aziz Alimun (2010) Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknis Analitik Data. Jakarta, Salemba Medika
  5. Irawan, Nungki Kusuma, S.Keb (2011) Menumpas Penyakit Dengan Darah Tali Pusat. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. JNPK-KR (2008) Buku Acuan Pelatihan Klinik Asuhan Persalinan Normal. Jakarta : Bakti Husada
  7. Musbikin, Imam (2005) Panduan bagi ibu hamil & melahirkan. Yogyakarta: Mitra Pustaka
  8. Notoadmodjo, S (2012) Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta : Renika Cipta
  9. Nursalam (2008) Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta, Salemba Medika
  10. Paisal (2007) Pemotongan dan Perawatan Tali Pusat & Teori EBM (Online) (http://novieac.blogspot.com/2011/03/pemotongan-dan-perawatan-tali pusat.html?m=1) diakses 1 Mei 2017
  11. Prawirohardjo, Sarwono (2009) Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT Bina Pustaka
  12. Prawirohardjo, Sarwono (2011) Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT Bina Pustaka
  13. Sodikin,M.Kes (2009) Buku Saku Keperawatan Tali Pusat. Jakarta: EGC
  14. Soedarmo, Sumarno S, Garna, Herry, dkk (2010) Buku Ajar Infeksi dam Pediatri TRopis Cetakan kedua. Jakarta: IDAI
  15. Wiknjosastro, Hanifa (2005) Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina