IDENTIFIKASI TINGKAT FAMILY BURDEN ORANG TUA ANAK TYPE 1 DM (T1DM) DI IKADAR KOTA MALANG

dian pitaloka priasmoro

Sari


Type 1 Diabetes mellitus atau T1DM adalah salah satu penyakit yang terjadi sejak masa anak dan remaja. Mereka membutuhkan bantuan untuk bertahan hidup dengan mengandalkan injeksi insulin. Keluarga dari anak T1DM diminta untuk berkomitmen dan mendukung perubahan gaya hidup. Kondisi ini dapat mengakibatkan keterbatasan, ketidakmampuan, kecacatan, komplikasi maupun pengalaman yang tidak menyenangkan yang dirasakan orang tua disebut sebagai family burden atau beban keluarga. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan mengidentifikasi family burden orang tua anak T1DM. Yang dilaksanakan melalui kunjungan rumah pada orang tua yang tergabung di IKADAR Kota Malang pada bulan Juni-Juli 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki remaja T1DM yang berusia 10-19 tahun. Sampel diambil dengan metode total sampling sejumlah 25 responden. Data yang diperoleh selanjutnya ditabulasi dan di analisis serta disajikan datanya dalam bentuk mean, modus, median, min-mak. Dari data uji statistik deskriptif didapatkan hasil sebagian besar responden tidak ada burden sejumlah 14 orang(56%), burden ringan sejumlah 9 orang(36%) dan burden sedang sejumlah 2 orang (8%). Tidak ada burden keluarga dimungkinkan dipengaruhi oleh jenis kelamin, umur, lama terdiagnosa, dan lama tergabung di Ikadar. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar keluarga senantiasa aktif mencari sumber dukungan utamanya melalui kelompok.

Kata Kunci


Kata kunci : Family Burden, Diabetes Mellitus, Type 1, Anak.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto.(2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.Jakarta:Rineka Cipta.

American family psysician.(2002). Online Journal System.www.aafp.org/afp.Vol.65.No(11).

Erwanto, Risky. (2016). Faktor yang berhubungan dengan beban keluarga dalam merawat Aktifitas sehari-hari pada lansia.Jurnal ners dan kebidanan Indonesia.Vol 4. No 3(117-122)

International Diabetes Federation.(2011). Diabetes in childhood and adolescence.ISPAD:Belgium.

Maryam, Siti R, Rosidawati, Riasmini,Ni Made dan Suryati, Eros S. (2012). Beban keluarga merawat lansia dapat memicu kekerasan dan penelantaran terhadap lansia.Jurnal Keperaawatan Indonesia.Vol 15 No.3 November. (143-150).

Nursalam. 2003. Konsep Dan Penerapan Metodologi Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Stajduhar, Kelli I.(2013). Burdens of Family Caregiving at the End of Life. Clin In_est Med 2013; 36 (3): E121-E126.

UKK Endokrinologi Anak dan Remaja.(2009). Konsensus Nasional Pengelolaan DM Tipe-1. Jakarta: Badan Penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Zysberg, Leehu, Lang, Tali.(2015). Supporting parents of children with type 1 diabetes mellitus:a literature review. On line journal system Dove Medical Press.Vol.7(21-31)




##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti

P-ISSN : 2302-4283

Poltekkes Soepraoen © 2017