KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEHNIK SCRAMBLE UNTUK PEMAHAMAN MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA KEBIDANAN

Rachma Putri Kasimbara

Sari


ABSTRAK

Pendahuluan Membaca adalah salah satu kemampuan berbahasa yang harus dikuasai oleh mahasiswa selain menulis, mendengar atau berbicara agar bisa mengikuti proses belajar mengajar bahasa Inggris. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh pengajaran dengan tehnik scramble pada pemahaman bacaan teks bahasa inggris mahasiswa kebidanan 2) Sejauh mana pengaruh pengajaran dengan tehnik scramble pada mahasiswa kebidanan 3) Bagaimana tanggapan siswa terhadap pengajaran membaca dengan menggunakan tehnik scramble dalam memahami bacaan teks bahasa Inggris mahasiswa kebidanan. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengajaran dengan menggunakan tehnik scramble dalam pemahaman bacaan teks bahasa Inggris pada mahasiswa kebidanan 2) Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pengajaran dengan menggunakan tehnik scramble dalam pemahaman terhadap mahasiswa kebidanan 3) Untuk mengetahui bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap perumusan ceramah terhadap pemahaman bacaan mahasiswa kebidanan. Desain penelitiannya adalah desain kuasi eksperimental. Penulis menggunakan lembar uji dan kuesioner. Tes terdiri dari pre-test dan post-test. Teknik untuk menganalisa tes ini dihasilkan dari nilai mahasiswa dan dihitung dengan menggunakan ANCOVA (Analysis of Covariance). Kuesioner yang digunakan peneliti adalah menggunakan skala Likert untuk mengetahui tanggapan mahasiswa kebidanan. Hasil tanggapan mahasiswa adalah 76% yang dikategorikan "bagus". Sehingga bisa dikatakan bahwa tehnik Scramble untuk pemahaman membaca mahasiswa kebidanan efektif.
Kata kunci: Membaca, Scramble Tehnik

Teks Lengkap:

pdf


##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti

P-ISSN : 2302-4283

Poltekkes Soepraoen © 2017